Semaraknya Peringatan HUT RI Oleh Pupuk Indonesia, Pupuk Kaltim dan Hutama Karya

By Admin


nusakini.com - Agustus adalah bulan bersejarah bagi bangsa Indonesia. Sudah sepatutnya kita sebagai generasi penerus bangsa memperingati HUT RI dan melanjutkan perjuangan para pahlawan. 

Dalam memperingati HUT RI, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengusung tema “BUMN Hadir untuk Negeri”. Tahun ini, Kementerian BUMN menunjuk PT Pupuk Indonesia bersama PT Pupuk Kaltim dan PT Hutama Karya untuk melaksanakan berbagai kegiatan di Kaltim.

Tujuannya tidak hanya untuk menjalin hubungan silaturahmi, tapi juga sebagai kegiatan sosial untuk meningkatkan semangat kebangsaan antargenerasi, memperkuat pertahanan nasional dalam menghadapi tantangan global, serta membantu pemerintah di bidang sosial kemasyarakatan.

Dirut Pupuk Indonesia, Aas Asikin Idat yang juga sebagai PIC Tim “BUMN Hadir untuk Negeri” di Kaltim mengatakan, Pupuk Indonesia bersama Pupuk Kaltim dan Hutama Karya berkomitmen untuk menumbuhkan dan memupuk rasa kebanggaan berbangsa serta bertanah air.

“Program-program yang akan dilakukan tidak hanya dalam rangka memperingati HUT RI saja, tapi juga sebagai kontribusi BUMN dalam berperan membangun kapasitas nasional,” ucapnya.

Sebagai bentuk refleksi proklamasi HUT RI, Rabu (17/8), jajaran direksi dan manajemen Pupuk Indonesia, Pupuk Kaltim, serta Hutama Karya bersama dengan perwakilan BUMN di Kaltim dan seluruh karyawan Pupuk Kaltim, anak perusahaan, Joint Venture Company (JVC), dan yayasan melakukan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Bertindak sebagai pembina upacara, Aas Asikin Idat selaku Direktur Utama PT Pupuk Indonesia.

Ketua Tim “BUMN Hadir untuk Negeri” Kaltim, Meizar Effendi yang juga Direktur SDM dan Umum Pupuk Kaltim menyampaikan laporan pelaksanaan rangkaian kegiatan “BUMN Hadir untuk Negeri” di Benua Etam yang telah dilakukan dan akan dilakukan hingga akhir 2016. Pada upacara tersebut, secara simbolis juga dimulai beberapa pembangunan dan pemberian bantuan yang merupakan program “BUMN Hadir untuk Negeri” dengan total senilai Rp 3,37 miliar. (Selengkapnya, silakan lihat infografis)

Selain pemberian bantuan, di hadapan jajaran direksi dan seluruh peserta upacara, disuguhkan pula penampilan Marching Band Bontang Pupuk Kalimantan Timur (MBBPKT) yang membius para peserta upacara dengan membawakan tiga lagu. Penampilan MBBPKT yang memukau seluruh peserta upacara mendapat apresiasi dan riuh tepuk tangan dari peserta upacara.

Setelah upacara, jajaran direksi dan manajemen Pupuk Indonesia, Pupuk Kaltim, serta Hutama Karya beserta perwakilan dari Pangdam VI/Mulawarman mengunjungi rumah veteran di Kelurahan Berebas Tengah, Kecamatan Bontang Utara. Di mana, rumah tersebut telah direnovasi sejak Juli lalu.

Setelah mengunjungi rumah veteran, rombongan kembali ke Stadion Mulawarman untuk menyaksikan dan mengikuti Pesta Rakyat, yang disajikan untuk masyarakat Bontang. Di sana, berbagai perlombaan dengan hadiah menarik disajikan. Pesertanya, mulai dari anak-anak hingga orang tua.

Selain total hadiah senilai ratusan juta rupiah, juga disediakan lebih dari 70 rombong makanan gratis untuk masyarakat Bontang. Adapun lomba yang disiapkan adalah bakiak tandem, tarik tambang, balap karung estafet, panjat pinang, dan berbagai lomba lainnya.

Tak ketinggalan, jajaran direksi dan manajemen BUMN juga ikut meramaikan peringatan

HUT ke-71 RI dengan mengikuti permainan gasing, sumpit, bakiak tandem dan balap karung.

Selain kegiatan-kegiatan pada kemarin, telah dilaksanakan berbagai kegiatan dalam program “BUMN Hadir untuk Negeri”, yaitu pembinaan narapidana di Lapas Kelas III Bontang pada Jumat (5/8) lalu, yang dikhususkan bagi mereka yang dinyatakan bebas pada peringatan HUT RI. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bekal kepada narapidana dalam menyongsong kehidupan setelah selesai menjalani masa hukuman.

Pada 8-14 Agustus, juga telah dilaksanakan program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) dengan tujuan untuk menanamkan rasa bangga sebagai bangsa yang memiliki keragaman kekayaan nusantara, melalui proses pertukaran informasi dan kebudayaan.

Pada Sabtu (13/8) digelar kegiatan Penayangan Film Anak di gedung Koperasi Karyawan (Kopkar) Pupuk Kaltim yang diikuti oleh siswa SD dan SLB kelas I-VI di Bontang dengan tujuan untuk menumbuhkan dan meningkatkan jiwa nasionalisme anak-anak usia dini dengan menanyangkan film bertema kedaerahan dan motivasi.

Dan Minggu (14/8), di Stadion Mulawarman telah digelar Jalan Sehat 5 Km yang mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat Bontang. Meski sempat diguyur hujan, namun acara tersebut berlangsung semarak.

Ratusan doorprize menarik dipersembahkan untuk masyarakat Bontang. Usai Jalan Sehat 5 Km, Pasar Murah BUMN juga telah dilaksanakan di Kopkar Pupuk Kaltim, dengan menyiapkan 1.500 paket sembako murah khusus bagi penerima kupon dengan harga Rp 25 ribu per paket dengan isi berupa beras, gula, minyak goreng, mi instan, dan kecap manis dari harga semestinya Rp 150 ribu.

Selain itu, juga akan diselenggarakan program BUMN Mengajar untuk SMA/SMK yang berada di wilayah perbatasan dengan negara lain. Direksi BUMN akan menjadi pembicara dengan menyampaikan materi pengenalan terhadap BUMN, pengenalan terhadap profesi-profesi yang terdapat di BUMN, serta pemberian motivasi.

Seluruh rangkaian kegiatan yang termasuk dalam program “BUMN Hadir untuk Negeri” dilaksanakan dengan sebaik-baiknya oleh Pupuk Indonesia, Pupuk Kaltim, dan Hutama Karya dengan menggelontorkan dana untuk seluruh kegiatan tersebut hingga Rp 9,2 miliar.

Aas Asikin mengatakan, BUMN menyadari bahwa makna kemerdekaan yang hakiki tidak hanya sebatas keluar dari penjajahan perang, namun juga keluar dari segala bentuk penjajahan, baik berbentuk fisik maupun batin.

“Untuk mewujudkan perjuangan para pahlawan terdahulu, mari kita mengisi kemerdekaan Indonesia dengan menjaga negara kita dari segala bentuk penjajahan serta ikut berperan dalam program pembangunan pemerintah, guna menuju Indonesia yang mandiri, kreatif, dan inovatif. Ayo Kerja,” tutupnya. (p/mk)

Bantuan Program “BUMN Hadir untuk Negeri”

No Nama Bantuan Total

1. Bedah Rumah Veteran Rp 2 Miliar

2. MCK di Berau Rp 500 Juta

3. Tempat Penitipan Anak di Pasar Telihan Bontang Rp 300 Juta

4. Pengadaan Air Bersih di Bentian, Kutai Barat Rp 300 Juta

5. Elektrifikasi Rumah Tangga di Berau Rp 150 Juta

6. Modal Usaha untuk Mantan Narapidana Rp 60 Juta

7. Modal Usaha Untuk Mantan Atlet Nasional Rp 60 Juta